18.6.08

Bagaimana Memulai Investasi? (Investasi Emas Bagian 4)


Setelah Anda menyimak uraian tentang Emas pada halaman sebelumnya, yaitu Apa Itu Emas? Alasan Kenapa memilih investasi emas Dan emas, dan Bagaimana saja bentuknya, Tiba saatnya Anda memulai INVESTASI EMAS. Dalam hal ini saya akan memandu Anda untuk membeli Emas Murni/Emas Batangan (bukan perhiasan) di PT. ANEKA TAMBANG.

SIAPKAN DANA ANDA
Penting atau perlu diingat bahwa dana minimal yang harus anda siapkan minimal dapat mencukupi untuk pembelian 2gr emas. Harga emas per gram di PT. Aneka Tambang setiap hari bervariasi. Untuk memantau harga emas di Aneka Tambang anda dapat membuka situs PT. Aneka Tambang di sini. Harga pada bulan Maret 2008 sekitar 280 – 295 ribu per gram. Jadi untuk 2 gr paling tidak anda sediakan 600 ribu.

KAPAN WAKTU YANG TEPAT
Adalah pertanyaan yang sering dikemukakan, Kapan? Setelah Anda berniat berinvestasi emas, dan dana minimal sudah siap, langkah selanjutnya adalah memantau pergerakan harga emas, baik di tingkan Nasional atau di tingkat Internasional.

Perlu diketahui bahwa harga emas di Indonesia dipengaruhi terutama oleh 2 faktor penting, yaitu : Harga jual emas dunia dan Kurs Rupiah terhadap Dollar Amerika. Ada kalanya harga emas di tingkat dunia dalam beberapa hari adalah sama, tetapi akhirnya harga di Aneka Tambang (Antam) berbeda karena fluktuasi kurs Rupiah terhadap Dollar Amerika. Saat yang tepat untuk membeli emas adalah saat grafik harga emas turun. Penurunan harga ini biasanya tidak berlangsung lama. Pengalaman Saya, harga emas berada di level bawah hanya sekitar 3-4 hari (paling lama) saja. Jadi saat grafik turun lebih dari 1 hari maka anda bersiap-siap untuk membelinya.


Ada baiknya sebelum anda membeli, anda rencanakan tempat penyimpanan emasnya. Ini biasanya jadi hal yang merepotkan. Solusinya Anda dapat menyewa SDB (Safe Deposit Box) di Bank-bank seperti Mandiri, BCA, BNI dll. Pengalaman Saya harga sewa SDB mini (ukuran 15 x 15 x 50 cm) untuk 1 tahunnya sekitar 100-200 ribu (belum termasuk PPN). Untuk ukuran segitu sudah cukup untuk emas yang bakal Anda beli. Biasanya ada tambahan Jaminan Kunci SBD sekitar 500 ribu. Uang jaminan akan dikembalikan ke kita saat kita sudah tidak lagi memperpanjang sewa.

SAATNYA MEMBELI
Begitu anda yakin menemukan waktu yang tepat untuk membelinya, jangan terburu-buru anda ke Antam. Ada baiknya anda menunggu harga emas yang dikeluarkan Antam pada hari itu. Harga emas di Antam biasanya diupdate antara jam 09.00 – 10.00 pagi. Pastikan anda memantau harga di situsnya Antam. Begitu anda cocok dengan harga yang sudah dikeluarkan antam, segeralah Anda menghubungi Antam via telpon.
Telpon Antam yang bias anda hubungi adalah :
021 475 7108 pesawat 146
021 478 65948 atau
021 478 65942

MENGAPA?

  1. Tidak setiap hari Antam memiliki stok emas seperti yang Anda inginkan. Stok emas batangan 50 gr dan 100 gr, cukup sulit untuk diperoleh. Apabila pada hari itu ‘barangnya’ ada, terkadang stoknya hanya sedikit. Pengalaman, Saya pernah dating ke Antam tanpa konfirmasi via telpon. Saya begitu tahu harganya bagus, langsung ke Bank, ambil duit, trus ke Antam. Eeh sampai di sana ternyata ‘barang’nya gak ada. Waktu itu Cuma ada yang 2 gr dan 200 gr. Padahal saya sudah bawa duit cash untuk beli 100 gr. Akhirnya pulang balik bawa duit cash tanpa dapat ‘barang’nya.
  2. Untuk memastikan bahwa harga yang dikeluarkan sudah sesuai. Sekalian menanyakan berapa ongkos pembuatannya, jadi kalau kita bawa dulit udah dipastikan tidak kekurangan. Perlu diinformasikan ongkos pembuatan emas untuk 2 gr, 5 gr, 10 gr, 25 gr, 50 gr dan 100 gr masing-masing tidak sama. Pengalaman, untuk yang 25 gr satunya sekitar 51 ribu. Jadi bila Anda berniat membeli 4 batang emas 25 gr, anda perlu menyiapkan dana tambahan sebesar 4 x 51 ribu = 204 ribu, diluar harga emasnya.
  3. Tanyakan ke bagian pemasarannya, apakah anda bias beli via transfer rekening? Ini memudahkan anda dan meminimalkan resiko membawa uang dalam jumlah banyak di perjalanan. Untuk transfer antar bank, berikut data-datanya :

Rekening Bank Mandiri Cab. Pulogadung
No. Rek 125.0079000063 a/n PT Aneka Tambang unit Logam Mulia
Atau
BCA Cab. Kelapa Gading Vila
No. rek 413.300.5393 a/n PT Antam Tbk.

DATANG KE ANTAM
Setelah semuanya ‘deal’ secepatnya Anda dating ke Antam. Ada baiknya anda datang sebelum jam 12. Karena pegawai Antam jam 12.00 – 13.00 istirahat. Bagi Anda yang belum pernah ke Antam, letaknya di Dekat Kawasan Industri Pulogadung Jakarta Timur, alamatnya :
Jl. Pemuda – Jl. Raya Bekasi Km. 18
Pulogadung, Jakarta timur
Letaknya dekat terminal (kira-kira 10 menit jalan kaki dari terminal pulo gadung.

DI ANTAM
Setelah sampai Antam, di pintu gerbang Anda akan diminta tanda pengenalnya, biasanya KTP, dan anda akan diberikan lembar tamu oleh petugas jaga. Selanjutnya anda ke bagian resepsionis untuk memberikan lembar tamu dan anda akan diberikan nomor antrian oleh resepsionis. Selanjutnya anda tinggal BELI dengan barang dan duit yang sudah direncanakan dan bayar di kasir. Setelah bayar di kasir anda tidak akan langsung mendapatkan ‘barang’nya. Anda mesti menunggu agak lama, sampai emasnya diberikan oleh petugas lain beserta faktur pembelian dan sertifikat bersama koin/batangan emasnya. Anda sudah bias pulang membawa emasnya. Segeralah simpan ke SDB dimana anda telah menyewa sebelumnya.