10.9.08

Tips & Trik Persiapan Psikotes CPNS Depkeu 2008

Selamat bagi para peserta yang lulus Tes Potensial Akademik (TPA) saringan CPNS Depkeu 2008 lewat situs http://www.ppns.depkeu.go.id yaitu pengumuman nomor Peng-05/Panpen/VIII/2008 tentang Hasil Ujian/Tes Potensi Akademik (TPA) dalam rangka penyaringan / penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil tingkat Sarjana di lingkungan Depkeu TA 2008. Selamat sekaligus meneruskan perjuangan, masih ada 3 tes yang menghadang Psikotest, Tes Fisik/Kesehatan dan Wawancara.

Berdasarkan pengalaman tahun 2002, saya ingin berbagi pengalaman kepada para calon peserta yang masih berjuang di 3 tes selanjutnya. Menurut pengalaman saya, tes pada CPNS Depkeu merupakan tes paling bermutu dan paling bersih. Saya tidak pernah mendengar ada teman yang lolos ujian karena uang pelicin atau titipan. Jadi ada baiknya buang jauh-jauh pikiran untuk mengakali atau bertindak curang dan menerima tawaran oknum yang berjanji akan meluluskan. Terus terang saya sebagai salah satu peserta waktu itu dan alhamdulillah diterima, tidak pernah mengeluarkan uang sepeserpun uang untuk hal-hal yang demikian. Semua murni, bersih dan menuntut kemampuan peserta untuk mengerjakan semua tes.

Tes selanjutnya yang menghadang adalah Psikotes.
Ini merupakan tes paling susah menurut saya, karena kita tidak tahu kemampuan saingan kita. Yang bisa dilakukan adalah mulai sekarang mempelajari buku-buku psikotes yang beredar di pasaran. Menurut saya semakin banyak koleksinya akan semakin baik. Perhatikan model-model soalnya. Sepertinya tak jauh berbeda dengan model yang ada di buku. Dari sekarang mulai dilatih mempelajari gambar-gambar yang akan diujikan. Kalau tidak salah ada 3 macam gambar yang harus diselesaikan yaitu meneruskan gambar (wartegg), menggambar pohon dan menggambar manusia.

Wartegg tes.
Meneruskan gambar, yaitu dari titik, garis lurus, garis lengkung dll, sangat mirip dengan yang ada dibuku. Ada baiknya ada sudah mulai berkreasi dengan titik/garis tersebut agar saat pelaksanaan sudah lancar.

Ada beberapa versi jawaban untuk tes yang ini. Waktu itu saya sempat baca beberapa buku, dan saya menggunakan cara menyelesaikan gambar dengan gambar yang dinamis (bergerak). Misalkan ada garis lengkung setengah lingkaran, saya buat jadi gambar jembatan yang dibawahnya ada air mengalir. Ada juga lengkungan yang jadi burung yang sedang terbang. Pada prinsipnya saya mengusahakan semua gambar adalah gambar dinamis. Dalam hal ini saya tidak tahu persis mana yang harus dipakai, karena kebetulan saya baru 2 kali melakukan psikotes, satu di ASTRA (gagal, he he he) trus Depkeu.

Gambar selanjutnya adalah menggambar pohon. Ini juga gambar yang susah. Karena ada ketentuan yang boleh digambar adalah pohon yang berbuah, sehingga kelihatan akar, batang, daun dan buah. Seringkali kita mau menggambar pohon mangga, tapi jadinya pohon rambutan, he he he. Selama yang saya tahu menggambar pohon harus kelihatan semua elemennya, bahkan sampai dahan dan ranting. Silahkan searching, saya tidak begitu tahu teorinya. Yang pasti dibawah gambar, anda harus mencantumkan nama pohonnya.

Gambar selanjutnya adalah gambar manusia. Ini yang paling susah, karena gambar tersebut harus bias menjelaskan jenis kelamin : pria/wanita, usia, bagaimana sifat kesehariannya dan dia sedang berbuat apa. Beberapa kawan saya sebelumnya sudah ngasih informasi kalau semua anggota tubuh di luar pakaian harus tergambar jelas. Ini yang bikin susah.

Misalkan saja anda mau menggambar bapak tani sedang memegang cangkul, berarti gambarnya harus laki-laki, usia biasanya sudah dewasa, sikapnya harus siap berjuang di sawah, pakaiannya juga mencerminkan petani…

Waduh susah banget. Ketika gambar harus dikumpulkan rata-rata hanya pada senyum karena orang yang digambar tidak sesuai dengan diskripsinya… he he he

Apapun yang akan di lalui di Psikotes, menurut saya, semakin anda banyak membaca buku dan latihan psikotes dan memperhatikan bentuk-bentuk soalnya, akan sangat membantu pada saat ujian.

Selamat Berjuang Semoga sukses.

Posting yang terkait :
- Persiapan seleksi Depkeu
- Rahasia Menggambar Wartegg
- Download Test Wartegg